Jantung adalah sebuah pompa yang menekan darah ke seluruh tubuh. Darah membawa nutrien (makanan), oksigen dan air untuk semua sel tubuh.

Darah adalah cairan berwarna merah cerah di dalam arteri (sudah dioksigenasi) dan berwarna merah gelap di dalam vena (deoksigenasi), setelah melepas sebagian oksigen ke jaringan (menyebabkan perubahan warna) dan menerima produk sisa dari jaringan. Sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan karbondioksida dari jaringan ke paru-paru (lihat gambar «Sistem pernafasan»).


Pertolongan:

Hentikan segera pendarahan dengan menekan langsung pada bagian tubuh yang terluka, dengan telapak tangan dulu, lalu dengan kassa atau kain dan diikat dengan pembalut agar pendarahan berhenti.

Jika belum berhasil, tekanlah secara tidak langsung di tiga

titik utama penekanan (leher, bahu & paha).

Hal-hal yang harus diperhatikan :

Pendarahan harus dihentikan agar fungsi jantung tidak terganggu. Kehilangan darah yang banyak, biasanya dari suatu arteri, dapat mengurangi volume darah sampai suatu tingkat dimana darah tidak cukup untuk mengisi pembuluh darah.


Dalam mengikat luka pendarahan janganlah terlalu kencang agar tidak mengganggu peredaran darah. Tambah bantalan diatas luka jika pendarahan masih berlanjut


Referat, Makalah:
Lengkap link berikut: Download .doc